Membuat daftar isi otomatis adalah hal yang sangat penting dan membuat pekerjaan kita menjadi terbantu. Sering kali seseorang ketika membuat makalah maka mereka akan meng-copy paste apa yang ada diinternet. Alhasil tampilan daftar isi yang di copy paste tidak menjadi rapi. Bagaimana solusi nya. Disini saya akan membagikan tips bagaimana membuat daftar isi otomatis dengan mudah di word. Langkah pertama yang anda harus lakukan adalah pastikan anda memiliki microsoft word tentunya :) Setelah itu perhatikan langkah-langkah berikut.

1. Memodify Heading 1 dan 2 untuk meletakkan Bab dan Sub Bab.
2. Unsur isi daftar isi 
- Kata pengantar
- Daftar isi
- Pendahuluan
- Landasan Teori
- Metode Penelitian
- Pembahasan
- Kesimpulan
- Daftar pustaka

Oke sekarang kita akan mempraktekkan langkah-langkah membuat daftar isi otomatis. Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Memodify heading untuk membuat bab atau sub bab

- Klik modify seperti gambar berikut, Maka akan muncul seperti ini.

- Format ukuran font dan font yang kalian inginkan. Gunakan 
warna hitam untuk tulisan. Maka setelah itu tekan Ok untuk membuat heading 1 yang akan digunakan untuk membuat Bab.

- Langkah selanjutnya Buat kata pengantar dengan menggunakan heading 1 yang telah kalian modify tadi seperti berikut
- Tekan Crtl + F untuk menampilkan menu navigation seperti berikut 



- Langkah selanjutnya aplikasikan heading 1 untuk membuat judul utama dari setiap bab pembahasan. Seperti Kata Pengantar, Daftar isi, BAB I, Pendahaluan dan setiap bab pembahasan lainnya. 

- Langkah selanjutnya kosongkan halaman daftar isi untuk membuat daftar isi otomatis seperti gambar berikut.
Gunakan heading 1 untuk judul daftar isi.

- Langkah selanjutnya modify heading 2 untuk  membuat sub judul lainnya. Modify seperti langkah pertama tadi. Ubah font dan ukuran font lalu warna font yang kalian ingikan.
- Pada gambar di bawah ini latar belakang adalah sub judul. Maka gunakan heading 2 yang anda modify seperti heading 1.

- Untuk membuat sub judul lainnya gunakan heading 3. Modify heading 3 seperti heading 1. Perhatikan gambar berikut

- Aplikasihkan heading 1,2, dan 3 untuk setiap bab dan sub bab yang kalian buat. 

- Langkah selanjutnya memberi page number atau penomoran pada setia halaman. Cara nya klik insertklik page number pilih bottom of page pilih plain number 3 


- Langkah terakhir. Masuk pada halaman daftar isi yang kosong tadi. Lalu klik references pada menu bar → klik table of contents pada sudut paling kiri klik automatic table 2.

Maka hasilnya akan seperti berikut 

Gampang bukan untuk membuat daftar isi otomatis. Kalian tidak perlu lagi membuat titik-titik secara manual. Hal yang penting yang harus anda perhatikan adalah gunakan heading 1 untuk setiap bab pembahasan dan heading 2 dan 3 untuk sub bab lainnya. Modify heading tersebut sesuai yang kalian inginkan. Buat page of number untuk mengisi nomor halaman pada daftar isi. kosongkan terlebih dahulu daftar isi yang kalian buat karena kita akan membuat daftar isi secara otomatis. Sekian tips dari userilmu.com semoga bermanfaat. Mudah bagi yang memahami, sulit bagi yang tidak memahami. Terima kasih